Skip to main content

Alliance of The 15s – Mita Masahiro

 *Spoiler dikit ya bro!

Jepang lewat literatur visual dan linguistiknya memang punya cara tersendiri dalam menguras air mata laki-laki perkasa seperti saya. Jika tidak menghadirkan cerita mengharukan (macam Doraemon, Harlem Beat, dan Daiya no Ace) yang sarat perjuangan, cerita yang diisi oleh tragedi berkepanjangan juga menjadi salah satu andalan mereka.

Sebut saja “Grave of The Fireflies”, cerita bertahan hidup kakak-beradik dalam masa sulit Perang Dunia Ke-2 ini sukses hadirkan nestapa berkepanjangan. Dalam film animasi ini, tragedi digambarkan sebagai sebuah proses, makin lama makin pengen nangis dan udahan aja, faaaak.

Terus ada “One Litre of Tears”, dari judulnya sudah jelas film ini akan membuat anda memproduksi kira-kira satu liter air mata, wow emejiing. Pembawaannya nggak beda jauh sama “Grave of The Fireflies”, bedanya film ini lebih terselubung, mirip-mirip harapan palsu gitu lah.

Nah, yang paling hangat ada “Your Lie in April” atau judul Jepangnya “Shigatsu Wa Kimi no Uso”. Cerita tersebut hadir dalam dua medium, manga yang selanjutnya digubah kedalam bentuk serial anime. Menariknya cerita ini menghadirkan intertekstualitas dalam bentuk novel yang dibaca oleh Miyazono Kaori, karakter utama yang ketika itu sedang dirawat di rumah sakit.

(Google Images)
Novel tersebut berjudul Alliance of The 15s (atau Ichigo Domei) karya Mita Masahiro. Sinopsis novelnya secara kasar bercerita seperti ini, “seorang laki-laki berumur 15 tahun bertemu dengan perempuan sepantaran yang sedang berjuang melawan suatu penyakit. Suatu ketika laki-laki itu sedang datang menjenguk, perempuan itu tiba-tiba berkata, ‘mengapa kita tidak bunuh diri bersama?’.”

Novel ini belum diterjemahkan (atau habis) kedalam bahasa Inggris, apalagi bahasa Indonesia. Namun ada orang baik yang menterjemahkan novel ini kedalam bahasa Inggris dan ia publikasikan lewat blognya. Saya sudah mendapatkan terjemahan itu namun belum saya baca sampai saat ini.
Mungkin akan jelas seperti apa jalan cerita “Your Lie in April” jika kalian telah membaca novel “Alliance of The 15s”, kemungkinan besar novel ini juga akan menguras air mata, meski saya belum tahu bagaimana tragedi didalam cerita akan dibawakan.

Daripada berpanjang-panjang, biarkan saya membaca novel tersebut, tapi sebelumnya biarkan saya tidur dahulu.

Comments

Popular posts from this blog