Skip to main content

ALBUM REVIEW: Toe - New Sentimentality

Rating: 7.0
Sentimental, itulah hal yang terlintas saat saya mendengar lagu-lagu dalam album Toe ini, dengan judul yang juga berusaha menyiratkan, bahwa New Sentimentality merupakan kumpulan lagu yang tidak hanya saja terdengar jenius, tetapi juga sentimental di satu sisinya.

Berisi empat lagu, Tsunagaru Haruka Ichira menjadi lagu pembuka dengan jentikan tangan sarat makna, petikan gitar akustik yang ringan tanpa harus terasa remeh, dan yang paling penting, ketukan drum khas Toe masih terdengar di lagu ini, breakdown tempo juga keabsurdannya tetap terdengar jenius.

Lagu ketiga yang berjudul sama dengan albumnya, New Sentimentality, malah terdengar tidak terlalu sentimental, terkesan gloomy diawal dengan ketukan bass drum, juga ketukan kompleks tempo cepat. Tetapi bukan Toe jika tidak mampu memainkan emosi pendengarnya, ketukan tempo cepat langsung disambut dengan petikan gitar khas relaksasi, pendengar seakan sedang berenang di laut luas, sendirian, pantulan awan kebiruan terlihat jelas di laut tersebut, menandakan bagaimana jernihnya awan itu, seperti itulah gambaran imajinasi musik ini.

Musikalitas Toe memang terdengar dewasa, karakteristiknya tertanam dalam di setiap lagu-lagunya, bagi penulis, musik Toe adalah sebuah kejeniusan, anomali yang menggambarkan keindahan dan ketidakteraturan ternyata bisa berjalan beriringan, mungkin kata-kata saja tidak akan bisa menjelaskan secara utuh karya apa yang disajikan Toe dalam album ini, maka bagi para pecinta musik jepang, khususnya math-rock, post-rock, atau instrumental, silakan dengarkan albumnya dan siap tenggelam dalam musikalitas imajiner karya Takashi Kashikura dkk. (MFA)

Comments

Popular posts from this blog