Skip to main content

ALBUM REVIEW: JKT48 - Heavy Rotation

Rating: 6.5
Memang belum orisinil, tapi album perdana JKT48 dengan judul "Heavy Rotation" mengisyaratkan, perjuangan mereka dalam menggapai mimpi-mimpinya belum selesai sampai disini, memang miskin ekspektasi, harapan besar para fans loyal untuk bisa mendengar single mereka secepatnya buah karangan Yasushi Akimoto sang total producer nampaknya belum kunjung terkabul.

Sesuai dengan judul albumnya, "Heavy Rotation" merupakan lagu perdana yang digunakan Melody cs untuk mulai berkelana di blantika musik Indonesia. "Heavy Rotation" dan sembilan lagu lainnya, memang dipopulerkan oleh AKB48, selain "Gomenne, Summer" yang dipopulerkan oleh SKE48, idol group asal Nagoya, Jepang. Praktis kesepuluh lagu tersebut hanya karya saduran dengan merubah lirik jepang yang ada pada lagu tersebut menjadi lirik bahasa dengan sedikit penyesuaian.

Dengan lirik-lirik catchy tanpa terkesan norak, pilihan lagu dengan aransemen semangat khas Jepang, lagu-lagu di album ini banyak bertema kisah cinta remaja, macam "Hikoukigumo" yang berarti "Jejak Awan Pesawat", tidak hanya itu, lagu "Shonichi" yang berarti "Hari Pertama", tegas bercerita tentang perjuangan untuk mereka bisa menggapai mimpi, sebuah tema yang jarang kita dengar dalam perbendaharaan musik Indonesia.

Dengan kemampuan vokal seadanya, JKT48 berusaha meyakinkan, bahwa mereka tidak memakai nama besar kakak -kakaknya di Jepang sana sebagai tameng untuk tujuan ketenaran semata, mereka berusaha menutupi kekurangan mereka dengan tampil sebaik mungkin dan berusaha keras, semata-mata untuk bisa menghibur para fansnya.

Overall, albumnya memang terdengar prematur, performa suara mereka dalam tiap-tiap lagu belum bisa mewakili performa mereka diatas panggung, tetapi dengan konsep "idol yang tumbuh dan berkembang bersama fansnya", agaknya menjadi jelas jika kemampuan mereka masih bisa berkembang lebih jauh, lalu dengan hadirnya "amunisi" baru dari Jepang, yaitu Nakagawa Haruka dan Takajo Aki, seharusnya bisa lebih mewarnai JKT48 juga musik Indonesia. (MFA)

Comments

Popular posts from this blog